Senin, 18 Mei 2015

Banyuwangi #AKUMENGEJARMIMPI

#AKUMENGEJARMIMPI


Setiap perjalanan punya cerita tersendiri.  Temen gue pernah bilang menjadi traveler itu mengajari kita untuk mendengarkan lalu merubahnya menjadi cerita.

Menikmati perjalanan mengunakan kereta selama 22 jam adalah rekor terlama gue saat ini, biasanya paling lama juga 12-14 jam ke Jawa tengah atau serabaya dari Jakarta. 

"Jarak dari Jakarta – Banyuwngi itu seperti dari ujung ke ujung pulau jawa".

Mari sedikit bernostalgia, 
Beberapa tahun yang sudah kita lewati, mungkin masa kecil kita. Dikereta adalah waktu yang sangat tepat untuk sekedar merefleksi diri. Bila biasanya kita terlalu sibuk dengan dunia nyata kita. Kereta seolah-olah merubah dan membalikan arah perjalanan. Kita bebas menyusuri jalan dan mengingat hal-hal yang dulu pernah kita lewati.

Mari gue ceritakan sedikit ingatan kecl gue..

DORA the EXPLORER.. 
Pernah liat film kartun Dora.. Yang tokoh nya anak cewek dengan rambut yang unik berponi. Meskipun sampe sekarang gue gak pernah paham, temen Dora cuman 1, ya.. monyet pinter itu yang entah lah siapa namanya gue udah lupa. Padahal sebagai seorang traveler, biasanya kita bisa punya banyak temen bukan? nah kemana aja traveler-traveler lain di film Dora??

Dulu, masa kecil gue setiap hari dicekokon film Dora. Setiap hari sampai berbulan-bulan dan entah sampai kapan terakir gue lihat film itu.

Bagi sebagian orang film ini memang mungkin bikin kesel, si Dora itu agak budek.. dia sering tanya jalan kekita. Udah kita jawab, dia tanya lagi, sampe 3 kali harus dijawab dia baru ngerti. Bodohnya gue.. gue baru sadar pas udah SMP kalo TV itu komunikasi  1 arah. Jadi gak mungkin banget si Dora juga denger, sampe lu teriak-teriak. Si Dora tetep aja Budek. .

Hemm.. Apa yang lu pikir ketika ketemu cowok yang dulunya hobinya nonton kartun, salah satunya Dora?? Gue udah tau jawabanya..  Gak usah kuatir...

Gue malah merasa bersyukur waktu kecil gue bahagia bisa ikut menjelajah bareng-bareng sama Dora. Mungkin karena itu jiwa explorer gue tumbuh. Gue salut sama Dora, Cewek sendirian berani pergi kemana2 sendiri. Si Dora sukses menjadi salah satu tokoh yang mengajari gue untuk pergi berpetualang.  Thanks Dora.

Lanjut part berikutnya.
 
Menghayal tentang Dora, gue inget film Power Ranger, Pahlawan bagi seluruh umat manusia. Siapa sih yang kecil nya gak pernah ngefans sama Power ranger? Siapa yang gak pernah berebut mau jadi warna apa??

Gue akuin, gue culun banget dulu, sampe-sampe  gue tuh percaya kalo si Power Ranger itu emang bener-bener bisa berubah. Tingkat kepercayaan gue setingkat sama percaya kalo Santa itu yang kasih kado Natal buat anak-anak baik. Haha

Sampe suatu ketika gue minta dibeli-in mainan, bentuknya sabuk Power Ranger biru. Ada lampu-lampunya lalu pas di teken dia bunyi. Bunyinya khas banget suara pas si Power Ranger mau berubah. Itu mainan terkeren menurut gue waktu jaman dulu.

"Waktu itu gue percaya, dengan alat itu gue bisa berubah jadi power ranger" ..

Mari kita buktikan.. 
Pelajaran Olah Raga, lari keliling lapangan. Gue gak suka sama olahraga lari. Bikin capek. Saat itu juga gue pengen berubah jadi Power Ranger. Gue udah siap2 pakai sabuk itu, lalu pencet tombol dan udah bergaya sok jadi Power Ranger warna biru biar kuat lari. Udah lama banget gue mencoba berubah. 

Gue butuh konsentrasi. 

Sekitar 5 menit gue gak merasa ada perubahan sama diri gue. Sampe tiba2 Pak guru nyamperin dan tanya kenapa gue belum start buat lari.
Gue sangking polosnya jawab pengen pulang, karena alat power ranger nya gak fungsi dan mau dibalikin untuk dituker yang baru. 

Gue berhasil pulang kok Guys.. dianter pula sama Pak guru waktu itu. Kata Pak Guru, dia mau bicara ama nyokap gue.

Alhasil, dari kejadian itu, jam terbang gue nonton TV dibatasin. Gue cuman boleh nonton TV jam 5-6 sore aja.

Telusur punya telusur ternyata eh ternyata, Pak guru gue bilang ke nyokap kalo gue jangan dibolehin nonton TV terlalu sering, imajinasi gue terlalu tinggi. Korban TV gitu deh.

Imajinasi seseorang itu dibatasi banget sama tingkat kewajaran lingkungan kita. Padahal sebenernya imajinasi itu penting menurut gue. 

"Imajinasi itu membentuk mimpi, jangan pernah mencoba menghalangi mimpi seseorang dengan memutus imajinasinya". 

Jika nanti gue punya anak. Gue jamin, anak gue untuk bisa mengikuti imajinasi nya. Lalu mimpi2 dari imajinasi itu. Sebagai orang tua, gue cuman berhak untuk mendengar lalu memberi pemahaman kepada mereka tampa harus merusak imajinasi dan mimpi mereka. Toh nanti kalo udah dewasa mereka pasti ngerti kok, kalo Power Ranger itu emang gak nyata. Jadi biarin lah mereka berimajinasi waktu masih kecil siapa tau nanti Gede dia cari alat buat berubah jadi Power Ranger beneran.

Gue memelihara mimpi gue. Mimpi suatu saat bisa kaya Dora. Bisa explore tempat tempat baru dibelahan dunia. #AKUMENGEJARMIMPI

Okay, back to the Trip Story.
Banyuwangi gue pilih untuk destinasi solo backpacker gue. Gue emang udah sering banget untuk travel sendiri dari Jakarta. Karena Gue yakin, nanti toh disana gue bakalan nemu temen-temen baru. Keluarga-keluarga baru juga. Lagian kalo cari temen dari Jakarta pada udah sibuk sama dunia nya masing-masing.

Beruntung gue ketemu Mas Rahmat pemilih rumah singgah BPI Banyuwangi, lokasi nya sangat stategis banget. Deket banget sama stasiun Karangasem.
Turun stasiun langsung depan gerbang stasiun udah rumahnya. Gue beruntung banget. Rumah singgah ini gratis, gue boleh tinggal selama apapun disini. Mas Rahmat itu memang bener2 rahmat buat para BackPacker seperti kami.

Gue semakin percaya, bahwa masih banyak orang baik di luar sana, yang membantu tanpa pamrih, yang memberi tanpa mengharapkan apapun. Keikhlasan Mas Rahmat itu menginspirasi bagi semua traveler.

Banyak hal yang gue dapet di Banyuwangi, Orang-orang begitu sangat ramah. Gue “iri” dengan orang-orang yang ada disini, sangat terbuka dengan orang luar. Gue semakin percaya, orang baik akan mendapatkan tempat dimanapun kaki akan melangkah. Mendapatkan perlingungan dari siapapun. Dan pertolongan akan selalu ada untuk mereka.

Thanks Mas Rahmat, untuk tempat nya untuk waktu nya dan untuk menjadikan kami sebagai keluarga.

Kalau ada list tempat yang mau saya kunjungi lagi. Banyuwangi masuk dalam list teratas saat ini. Bukan karena alam nya yang Tuhan titipkan sangat luar bisa. Tapi karena gue tau, gue punya keluarga baru disana.

Thanks juga buat Travel-mate gue selama disana, my Dear Friend Anita.. thanks alot udah mau ikut kemana gue mau jalan.. hahaha Lu udah jadi pemandu yang baik selama disana. haha thanks alot. gue berdoa mimpi S2 lu cepet terwujut ya. Jangan lupa kalo nikah undang2 gue.. 

Check this out beberapa foto yang gue ambil, nanti diupdate lagi..

air terjun kembar, destinasi pertama yang gue kunjungi, loksainya deket. kurang lebih 30-45 menit dari karangasem

Disisi lain air terjun kembar (nama aslinya lupa)

tahu rujak. Makan tahu pakai sambel rujak. Rasanya enak kok.. 

Rest Area di jalan menuju Kawah Ijen

Jalan naik turun menuju Ijen

Salah satu pemandangan dibawah gunung Ijen

Kali Pait (kalinya ada busa nya) busa ini dari belerang + air yang mengalir kek sabun, baunya yo pasti belerang

Lokasinya ada di setelah Paltuding arah Kawah Wurung

Air terjun busa (lokasinya di sekitar pemukiman penduduk) arah dari Paltuding ke Kawah Wurung

Kawah Wurung, Bukit Teletabisnya Banyuwangi. Sayang banget akses ke sini susah dan jelek.. 

Kawah ijen Pagi itu, gak dapet Blue firenya. yang ada kek pasar pagi. Rame bangetttt

Gue di spot yang lumayan agak longgar buat foto

Pemangangan dari atas Kawah ijen

Savana Bekol. masih ijo royo-royo, belum kek Afrika. 

Buat dapet Foto ini ngantri panjang.. Diatas itu keluarga baru gue. 

Loksai hutan mangruf pantai Bama

Jembatan Hutan mangruf

Mas Rahmat dan beberapa siswa jurusan kelautan yang lagi bersih2 pantai bama. #salute

Sisi lain Pantai Bama




0 komentar:

Posting Komentar