Jumat, 24 Januari 2014

Ke Jogja ku kan Kembali – Edisi: Kereta Malam..



Ke Jogja ku kan Kembali – Edisi Kereta Malam.. 

Pernah sekali..

Aku pergi, dari Jakarta ke Surabaya Jogja,

Untuk menengok,

Nenek Temen cewek disana,

Mengendarai,

Kereta malam.

Juk ijak ijuk ijak ijuk kereta berangkat

Juk ijak ijuk ijak ijuk hatiku gembira (kata ibu guru TK gue suara kreta itu tut tut tut tut sih)




Mungkin itulah back sound yang pas waktu gue berangkat ke Jogja beberapa minggu yang lalu.
Yup, udah beberapa minggu yang lalu gue ke Jogja, tapi baru malem ini sempet nulis, malem ini hawanya enak banget buat nulis, besok libur, ujan pula. Biasanya sih gue hawa-hawa kek ini enak banget buat ditiduri tidur, tapi malem ini mau share beberapa cerita kecil perjalanan gue..

Minggu lalu malem, hujan juga kek malem ini, pulang dari kampus udah pengen cepet-cepet balik ke kos buat prepare. Kebetulan gue emang paling males kalo disuruh prepare kalo pergi buat liburan. Mana otak dah pengen cepet-cepet buat minta di-liburin. 
Karena emang sebelumnya jadwal kerja gue mati-matian. Bos gue yang gak biasanya datang. Tiba-tiba dateng ke Indo bawa file yang bejibun banyaknya. Suruh buat analisis dan harus selesai di minggu itu pula. Padahal tugas kampus banyak banget. 
Sempet gak enak ada beberapa JoMes yang BBm, WA, dan telpone gue terpaksa gue abaikan. Gue emang lagi gak mau chat ama mereka, karena gue takut dengan emosi gue yang seperti itu, bakalan meledak pada orang yang salah. 

"Terkadang kita lebih baik tidak merespon SMS, WA, BBm, Tlp dari siapapun, agar tidak meledak pada orang yang salah". 

Gue workaholic, semua temen gue juga tau itu. Maka momen liburan yang cuman sebentar ini membuat gue sedikit bisa melepaskan sedikit beban dipundak gue.

Bareng Rianizz gue rela ujan-ujanan balik ke kos gue buat siap-siap, gak sempet mandi karena udah mepet langsung cabut ke halte transJakarta terdekat. Masih dalam kondisi ujan, dingin banget, udah mikir bakalan banjir dll, akirnya selamat sampe stasiun senen. 

Kereta ekonomi yang gue pilih, selain murah harganya, cuman 85 ribu aja one way, udah bisa jalan dari Jakarta ke Jogja. 

Ups.. jangan salah, jangan sangka naek kereta ekonomi itu gak nyaman, perjalanan itu gak dinilai dari naik class apa lu kesana, tapi gimana lu bisa nikmatin setiap waktu yang berlalu didalamnya. "Perjalanan itu ibarat lantunan lagu. Maka nikmatilah, ikuti iramanya dan bersatulah denganya". Makanya gue selalu bawa MP3 gue kalo lagi jalan. 

Kalo yang belum pernah naek kereta ekomoni, coba deh sekali-kali, dimana lagi kita bisa lihat ibu-ibu saling menyapa walaupun gak kenal, saling menawarkan makanan, bertanya tentang tujuan, beberapa keluarga muda, muda-mudi bercengkerama bersama, abang-abang yang bau, anak-anak kecil yang nangis kepanasan, ibu-ibu yang rela duduk dibawah demi kursinya bisa untuk tidur nyenyak anaknya, bapak-bapak yang menggendong anak-anak, beberapa pemuda bawa barang-barang besar dari kota mungkin buat oleh-oleh keluarga dikampung. Ibu-ibu tidur dilantai, Saling sapa dengan Bahasa jawa yang khas, yang membuat kereta ekomomi adalah kereta paling hidup menurut gue.

Hal ini yang gak gue jumpain ketika gue naik pesawat atau ekomomi class executive. Gak gak pernah gue jumpain beberapa orang tertawa dengan suatu hal yang mungkin gak lucu, dengan orang-orang yang baru pula. 

Menarik, sial banget gue gak bisa 1 tempat duduk sama Al, Rianizzz, and Rudi Tabuti, karena gue udah duluan beli keretanya, gue duduk sama abang-abang bau di kereta, celana abang-abang itu basah sob, keujanan mungkin. Dan gue pake celana pendek, itu pas celananya yang basah itu kena kulit kaki gue, rasanya rishi banget.. 
Nasib baik malah menimpa bang Al, JoMes satu ini dapet kenalan temen cewek baru lo, anak purporejo, kerja di pabrik Mayora (katanya) terus yang paling buat ngakak adalah namanya Engli Clorida mirip-mirip kaya CaCo3, HCl, dll  .. ngakak gak lu.. itu nama kayak nama garem coe.. gue penasaran kenapa ortunya kasih nama itu ke dia.. hehehe.. biasa kepo..

But, selamat buat bang Al yang sekarang udah berani kenalan sama cewek. Tapi inget ye Al, lu melakukan kesalahan JoMes no 19 di BBPUJM (Buku Besar Perundang-Undangan JoMes),
dalam BBPUJM ayat 19 dijelaskan bahwa, setiap JoMes adalah makhluk yang cool, pura-pura gak butuh padahal ngarep. Mau-mau tapi malu.
Serta ayat no 13. Menerangkan bahwa setelah dapat semua informasi, contact WA, no Hp tentunya, Pin BBm, FB, alamat rumah, nama orang tua, lalu ditinggal pergi. Setelah itu merujuk pada ayat 19.
(Yang gak ngerti besok beli buku BBPUJM ya) 

so Finally, jangan mikir panjang-panjang kalian mau beli tiket class ekomomi..
mumpung masih muda. Masih jadi anggota JoMes.. bergegas yuk. Pergi kemana kaki mau melangkah, menyusuri kehidupan, ketempat-tempat yang belum pernah kita tau sebelumnya. Inilah hidup, dimana masih ada kesempatan jangan mau menjadi budak waktu, beri penghargaan lah buat otak ini , badan ini yang udah lelah, berlibur buat penghargaan atas tubuh ini boleh-boleh aja kok. 

Hei kalian…
Ya.. Kalian..
Woe.. Elu..
Yang lagi baca ini..
Iye elu nyong..
okay okay nyerah deh gue..
Susah ya kalo manggil kalian pada gak denger..
ELU ONYONG… IYE ELU JOMES..
Woe.. JoMes.. 

 
Elu yang JoMes.. cepet gih pada hunting tiket kereta, ato pesawat. Mumpung belum ada tuh yang minta uang bulanan buat beli bedak, mumpung belom disuruh tidur diluar kalo kebanyakan keluar. Haha..
siapa tau bisa kenalan sama cewek, tapi jangan ampe melakukan kesalahan-kesalahan di BBPUMJ ya.. 



Ini beberapa story picturesnya:

 KA Progo, kereta malam yang mambawa kami dari Jakarta menuju Jogja dan kembali dengan selamat, special thanks buat pak masinis.
Ini Biskuit yang ngasih si Clorida, katanya belum ada di Pasaran, keberuntungan pertama mereka, bisa nyicip biskuit yang belom dipasarkan..



 

 Rudi Tabuti, at stasiun Lempuyangan atau Lempuyungan..


 

 Note: Ini bukan kereta api, ini kereta Srisultan. jadi gak bisa dinaikin..


Sawah dan bentangan lahan hijau disepanjang menemani perjalanan kami ke Jogja..
 

Makanan 7000 rupiah doang.. murah banget kan.. namanya juga nasi murah, bisa diorder lewat SMS, cangih kan. delivery pula ke gerbong kita.
Nasi Murahnya udah + Jus jeruk.. Tapi made in China.. aduhhhh



Abis beli nasi murah itu duit gue tinggal 1000.. GILAAA..



Si Rudi tabuti sibuk ngitung utang nya ke gue.. gara-gara liat duit gue tingal seribu didompet..
(ngomong-ngomong, sorry fotonya gak bisa dirotate)
Pulang-pulang ke Jakarta, Ujan deres banget, akirnya karena gak mau pake Taxi kita putusin buat tidur di stasiun Senen.
NOTE: Taxi di Senen mahall banget, digetok bro. Rianizzz gak ikut, dia turun di stasiun lain.


Well, itu first story gue.. next gue ceritain beberapa yang lain..
thanks Guys udah baca.. 
 

0 komentar:

Posting Komentar