Senin, 02 Maret 2015

Investasi Kebahagiaan

Jika ditanya, apa yang kalian harapkan saat ini?

Beberapa menjawab saya ingin bahagia. 
Tapi apa deskripsi kebahagiaan itu? Bagaimana cara mendapatkannya? 

Beberapa menjawab: kebahagiaan itu ketika kita bisa mencapai apa yang sudah kita cita2 kan. kebanyakan dalam hal keuangan. Bahagia rasanya kalau sekarang sudah punya rumah sendiri, mobil, dan investasi keuangan untuk masa tua. mempunyai keluarga kecil dan bahagia, bisa liburan dengan keluarga makan di restoran enak, beli baju bagus dan masih mungkin untuk menjalankan hobinya. 

Tapi? Bagaimana kah caranya? jalan yang seperti apa agar harapan itu tercapai? 
Luangkanlah waktu sejenak untuk berfikir, sebentar saja. mungkin 10-15 menit sebelum kalian tidur. 

Kebahagiaan itu tidak datang secara tiba-tiba, kita perlu menciptakan momen kebahagiaan itu. 
Kebahagiaan yang paling sederhana, contoh yang paling sederhana kalian bisa tertawa di coffee shop dengan beberapa teman dekat, membicarakan apapun yang entah mungkin menurut orang lain tidak terlalu penting. tapi bersama dengan mereka, hal itu bisa saja membuat waktu lebih cepat berputar. 
Ada usaha untuk menciptakan momen tersebut bukan? kalian harus membuat janji bertemu, meluangkan waktu kalian, lalu bertemu. Ada usaha disana. Apakah yang terjadi jika kalian memilih dirumah saja karena capek seharian bekerja? pasti kebahagian berkumpul itu tak bisa kalian dapat. 

Bagi banyak orang untuk bahagia itu perlu banyak uang. Fokus mereka adalah pada 1 sisi materi. tapi pernahkah kalian mendengar satu kisah? 
"anak kecil diladang memandang pesawat terbang diatasnya, dia bermimpi bisa terbang. Tetapi sang pilot dipesawat itu memandang ke ladang dibawahnya dan memimpikan bisa pulang kerumah"

Begitulah hidup nikmatilah hidup

"Jika kekayaan adalah rahasia kebahagiaan, tentu orang-orang kaya akan menari-nari dijalanan. Tapi hanya anak anak miskinlah yang melakukanya"

Begitulah hidup menurut saya. dia tak pernah memberikan kepastian. Apa yang kita pikirkan belum tentu benar, karena persepsi seseorang memang sangatlah berbeda. Apa yang kita lihat bukan juga tentu benar. Mata dan Pikiran kita bisa saja sangat jauh salah. 

Baiklah.. mari kita coba untuk mempersiapkan kebahagiaan kita. 

Saya punya cara, dan cara ini berhasil mungkin untuk saya. Tapi karena saya sudah berjanji untuk menjadi agen investasi kebahagiaan, dengan tulisan ini saya mencoba untuk berbagi. 

Cara nya sangat sederhanya ternyata. 
Beberapa orang mempunyai investasi berupa tabungan darurat. mereka menabung untuk tabungan darurat. sehingga ketika ada hal darurat yang terjadi, mereka bisa menggunakan dana ini untuk memenuhi kebutuhan. 
Beberapa orang yang lain memilih mengikuti asuransi kesehatan dan pendidikan untuk proteksi dirinya dan keluarga. karena dia yakin untuk menabung tabungan darurat akan susah. butuh sedikit paksaan. 

Bagi saya, ada hal yang lebih penting dari itu, karena saya meyakini bahwa untuk bahagia yang kita butuhkan bukan semata-mata hanya uang dan materi belaka. Maka mulai saat ini saya bertekat untuk menginvestasikan kebahagiaan saya. 
Karena saya masih ada waktu, masih mampu untuk berusaha, mampu untuk berpergian, tidak masalah untuk makan apapun, tidur dimanapun. Maka saya hanya butuh waktu untuk investasi ini. 

Kalian hanya butuh untuk melakukan apapun yang membuat kalian bahagia setiap hari. Cari terus kebahagiaan2 itu.. ingat Bahagia itu bukan suatu yang kita terima atau tiba-tiba saja ada dihadapan kita. Bahagia itu dicari, diciptakan. Maka kejarlah. 

Luangkan waktu untuk bertemu teman, karena kita tidak pernah tau kapan kita akan berpisah. mungkin saja, teman-teman kita akan pindah kerja diluar kota bukan? cobalah bertatap muka langsung. Jika kalian pikir sosial media mempersatukan kalian, coba tengok group2 sosmed yang kita punya? adakah yang masih gencar berbunyi sampai sekarang? 

Luangkan waktu untuk mengerjakan apa yang kalian suka. sudahlah.. biarkan saja dia menyita banyak uang. toh kalian masih bisa cari lagi. 
Di waktu luang saya. Saya mencicil kebahagiaan saya. Menginvestasikan kebahagiaan saya, tumbuh besar bersama orang-orang hebat. menghabiskan malam di kedai coffee selagi muda. belajar apapun, berteman dengan siapapun, pergi kemanapun. Semua itu adalah kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang sekarang saya punya. Entah sampai kapan. Yang jelas, saya menjaga kenangan-kenangan saya dari sekarang. menjaga kebahagiaan yang saya punya. menginvestasikan sedikit waktu yang telah Tuhan beri untuk menjemput kebahagiaan ku. 

Selamat menikmati bulan March, dan selamat mencicil kebahagiaan. . . 

Salam. 




0 komentar:

Posting Komentar